1 SST Untuk Tangani Huru Hara

ananta wiraKomando Distrik Militer (Kodim) 0734/Yogyakarta menyiapkan 1 satuan setingkat peleton (SST) pasukan untuk menanggulangi huru-hara pada pemilu mendatang. Pasukan ini dilatih agar siap membantu Polri dalam menjaga Kamtibmas.

Komandan Kodim (Dandim) 0723/Yogyakarta Letkol Arh Ananta Wira, kemarin pagi membuka secara resmi latihan pasukan antihuru-hara di Makodim. “Pasukan ini memang tidak langsung berhadapan dengan massa, tapi ada acuan berdasarkan eskalasi tertentu,” kata Dandim.

Ananta mengatakan, pada saatnya ketika terjadi huru-hara pasukan siap melakukan penebalan terhadap polisi. Itu pun tidak langsung kontak fisik. Sebab, untuk itu akan ditangani satuan yang lebih besar lagi. “Tapi manakala sampai pada situasi yang tidak memungkinkan, pasukan kami siap,” kata Dandim.

Menurut Dandim, sejauh ini seluruh pasukan sudah cukup paham tindakan yang harus dilakukan. Hanya saja, masih dibutuhkan beberapa penajaman agar satuannya benar-benar siap. Selain pelatihan penanggulangan huru-hara, Dandim juga menginstruksikan para pejabat teritorial benar-benar memantau situasi agar mampu memprediksi kemungkinan adanya gangguan di wilayah masingmasing.

Danramil diminta melakukan komunikasi intensif dengan jajaran maupun pihak terkait agar pengamanan berjalan dengan baik. Dandim menambahkan, fungsi lain yang juga vital sebagai deteksi dini adalah intelijen. Tugas intelijen bukan untuk menakuti masyarakat, melainkan mengawasi situasi dan perkembangan yang terjadi. (Sindo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s